RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(Sesuai
Edaran Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : MI MUWAFFIQ LEKOK
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku
(Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1
Hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan bermain kartu huruf
dan berlatih, siswa dapat menyusun huruf-huruf penyusun nama dengan benar.
- Setelah bermain kartu
huruf dan berlatih, siswa dapat mengenali huruf pertama dari sebuah nama,
baik itu huruf vokal maupun konsonan.
- Dengan bercerita, siswa
dapat menggunakan huruf vokal dan konsonan dalam sebuah kata dan
menyusunnya menjadi kalimat.
- Dengan bercerita, siswa
dapat membilang banyaknya huruf penyusun nama sendiri maupun nama teman.
- Dengan belajar dan
berlatih, siswa dapat membilang benda dan menuliskan lambang bilangannya.
- Dengan berdoa sebelum melakukan kegiatan di sekolah, siswa dapat mempraktikkannya di rumah.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca
Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
A.
Ayo
Mencoba 1.
Guru kembali membagi
siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu
huruf a-z dan satu set kartu huruf vokal. 2.
Setiap kelompok
diminta membuka buku siswa halaman 30. Mereka melihat nama-nama yang hurufnya
disusun acak. Bersama teman kelompok, para siswa menyusun kembali nama-nama
tersebut dengan menggunakan kartu huruf yang telah diberikan. Contoh cara
mengerjakannya juga telah tersedia di buku siswa halaman 30. (Creativity
and Innovation). 3.
Guru berkeliling
mengamati pekerjaan setiap kelompok sambil menanyakan adakah bagian yang
sulit dan memerlukan bantuan guru. (Communication) 4.
Setelah semua kelompok
selesai mengerjakan, secara acak guru meminta tiap kelompok menunjukkan kartu
huruf dari sebuah nama yang ada di buku siswa halaman 30. 5.
Guru dan siswa lalu
bertanya, nama siapakah yang paling susah untuk ditebak dan disusun
huruf-hurufnya? Mengapa? (Collaburation) B. Ayo Bercerita 1.
Selesai menyusun
huruf, setiap kelompok memilih satu orang siswa anggotanya untuk bercerita
tentang nama sendiri dan nama satu orang teman beserta huruf-huruf
penyusunnya. Tak lupa untuk membilang banyaknya huruf penyusun nama. (lihat
buku siswa halaman 32) (Creativity
and Innovation) C. Ayo Berlatih 1.
Guru mengajak siswa
membaca lambang bilangan secara berurut dari 1 sampai dengan 10. (lihat buku
siswa halaman 33) 2.
siswa belajar dan
berlatih membilang banyaknya benda yang ada di buku siswa pada halaman 34-35,
lalu menuliskan lambang bilangannya di dalam kotak yang tersedia. (Critical
Thinking and Problem Formulation) |
140 menit |
Kegiatan Penutup |
A.
Pengayaan 1. Siswa membuat kartu
huruf nama dua anggota keluarga di rumah. B.
Remedial 1. Guru membantu siswa
mengenal huruf a-z: ü
Guru menyusun kartu
huruf a-z secara berurutan ü Siswa menirukan
untuk membaca huruf a-z 2.
Guru membantu siswa
mengenal konsep bilangan 1 sampai dengan 10 |
15 menit |
A.
ASSESMENT
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Mengetahui Kepala
Sekolah,
……………………………… NIP.
………………………… |
…………………, ............... Guru
Kelas 1 ,
……………………………… NIP…………………………. |
No comments:
Post a Comment