Sunday, August 16, 2020

RPP Luar Jaringan SD/MI Kelas 1 Tema 1 SubTema 1 pb 6 (aku dan teman baru)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (Sesuai Edaran Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan        : MI MUWAFFIQ LEKOK

Kelas / Semester           :  1 /1

Tema                           :  Diriku (Tema 1)

Sub Tema                     :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke            :  6

Alokasi waktu                :  1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Dengan bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat menyusun huruf-huruf penyusun nama dengan benar.
  2. Setelah bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat mengenali huruf pertama dari sebuah nama, baik itu huruf vokal maupun konsonan.
  3. Dengan bercerita, siswa dapat menggunakan huruf vokal dan konsonan dalam sebuah kata dan menyusunnya menjadi kalimat.
  4. Dengan bercerita, siswa dapat membilang banyaknya huruf penyusun nama sendiri maupun nama teman.
  5. Dengan belajar dan berlatih, siswa dapat membilang benda dan menuliskan lambang bilangannya.
  6. Dengan berdoa sebelum melakukan kegiatan di sekolah, siswa dapat mempraktikkannya di rumah.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.    Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

A.    Ayo Mencoba

1.     Guru kembali membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu huruf a-z dan satu set kartu huruf vokal.

2.     Setiap kelompok diminta membuka buku siswa halaman 30. Mereka melihat nama-nama yang hurufnya disusun acak. Bersama teman kelompok, para siswa menyusun kembali nama-nama tersebut dengan menggunakan kartu huruf yang telah diberikan. Contoh cara mengerjakannya juga telah tersedia di buku siswa halaman 30. (Creativity and Innovation).

3.     Guru berkeliling mengamati pekerjaan setiap kelompok sambil menanyakan adakah bagian yang sulit dan memerlukan bantuan guru. (Communication)

4.     Setelah semua kelompok selesai mengerjakan, secara acak guru meminta tiap kelompok menunjukkan kartu huruf dari sebuah nama yang ada di buku siswa halaman 30.

5.     Guru dan siswa lalu bertanya, nama siapakah yang paling susah untuk ditebak dan disusun huruf-hurufnya? Mengapa? (Collaburation)

B.    Ayo Bercerita

1.     Selesai menyusun huruf, setiap kelompok memilih satu orang siswa anggotanya untuk bercerita tentang nama sendiri dan nama satu orang teman beserta huruf-huruf penyusunnya. Tak lupa untuk membilang banyaknya huruf penyusun nama. (lihat buku siswa halaman 32)  (Creativity and Innovation)

C.    Ayo Berlatih

1.     Guru mengajak siswa membaca lambang bilangan secara berurut dari 1 sampai dengan 10. (lihat buku siswa halaman 33)

2.     siswa belajar dan berlatih membilang banyaknya benda yang ada di buku siswa pada halaman 34-35, lalu menuliskan lambang bilangannya di dalam kotak yang tersedia. (Critical Thinking and Problem Formulation)

140

menit

Kegiatan

Penutup

A.    Pengayaan

1.     Siswa membuat kartu huruf nama dua anggota keluarga di rumah.

B.    Remedial

1.     Guru membantu siswa mengenal huruf a-z:

ü  Guru menyusun kartu huruf a-z secara berurutan

ü  Siswa menirukan untuk membaca huruf a-z

2.     Guru membantu siswa mengenal konsep bilangan 1 sampai dengan 10

   

    15

    menit

A.    ASSESMENT

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 1  ,

 

 

 

………………………………

NIP………………………….



No comments:

Post a Comment