RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai
Edaran Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : MI MUWAFFIQ LEKOK
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku
(Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan bermain kartu bilangan, siswa dapat mengidentifikasi bilangan 1
sampai dengan 10.
2.
Setelah bermain kartu bilangan dan berlatih, siswa dapat menulis bilangan
1 sampai dengan 10.
3.
Dengan bermain kartu huruf, siswa dapat megidentifikasi dan melafalkan
huruf konsonan yang hilang dari nama temannya.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
(Sintak Model
Discovery Learning) A. Ayo Berlatih 1.
Guru meminta siswa
mengamati benda-benda di sekitar kelas, lalu minta siswa menghitungnya.
Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan bangku siswa? Berapa banyak
penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah bisa menghitung
banyaknya benda di kelas? (Critical Thinking and Problem Solving). 2.
Guru menyampaikan
bahwa siswa akan belajar konsep bilangan 1 sampai dengan 10 dan mengenal
lambang bilangan sambil bermain kartu bilangan. (Communication) 3.
Guru membagi siswa
dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu lambang
bilangan dari 1 sampai dengan 10. (Gotong
Royong). 4.
Setiap kelompok
mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Oleh karena itu setiap
kelompok diminta untuk menyiapkan/membuat/merancang soal. (Creativity
and Innovation) 5.
Untuk menguatkan siswa
tentang konsep bilangan dan lambangnya, minta siswa mengerjakan latihan di
halaman 24-25. (Critical Thinking and Problem Formulation). 6.
Untuk menguatkan siswa
tentang huruf, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 27. B. Ayo Mencoba 1.
Aturan permainan sama
dengan permainan tebak lambang bilangan, yaitu setiap kelompok akan mendapat
giliran untuk memberi soal dan menjawab soal dengan cara diundi. 2.
Sebagai contoh,
kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat
giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1
mengalungkan kartu nama yang sesuai kepada 3 siswa anggotanya. 3.
Kelompok 2 menyebutkan
nama pemilik kartu, menebak huruf yang hilang, dan mengangkat kartu huruf
sesuai huruf yang hilang dari kartu nama tersebut. (lihat buku siswa halaman
26) |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : 1.
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. |
15
menit |
A. ASSESMENT
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Mengetahui Kepala Sekolah,
……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 1 ,
……………………………… NIP…………………………. |
No comments:
Post a Comment