Sunday, August 16, 2020

RPP Luar Jaringan SD/MI Kelas 1 Tema 1 SubTema 1 pb 4 (aku dan teman baru)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (Sesuai Edaran Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan        : MI MUWAFFIQ LEKOK

Kelas / Semester           :  1 /1

Tema                           :  Diriku (Tema 1)

Sub Tema                    :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke            :  4

Alokasi waktu                :  1 Hari

 

A.    TUJUAN

1.     Dengan mendengar arahan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan berjalan lurus ke satu arah dengan benar.

2.     Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan jalan berpasangan sambil bergandengan tangan.

3.     Dengan permainan jalan berpasangan, siswa dapat mengenali huruf pertama nama sendiri dan nama-nama teman sekelas.

4.     Dengan arahan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi suara teman.

A.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.    Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

(Sintak Model Discovery Learning)

A.    Ayo Berlatih

1.     Seluruh pasangan dibagi dalam dua kelompok yang sama banyaknya dan berdiri berjajar saling berhadapan.

2.     Guru kemudian menyediakan 2 set kartu huruf a-z. Masing-masing set kartu huruf dimasukkan di dalam sebuah kotak dan diletakkan di belakang masing-masing barisan.

3.     Kali ini setiap pasangan berlomba untuk mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing.(Critical Thinking and Problem Formulation)

4.     Setiap pasangan akan mencari kartu huruf tersebut di dalam kotak yang ada di seberang barisannya.

5.     Sekali lagi seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi bersama pasangan masing-masing.

6.     Setiap pasangan tidak boleh menyenggol pasangan lainnya saat bertukar posisi.

B.    Ayo Berkreasi

1.     Guru menyampaikan bahwa siswa akan bermain tebak suara. (Communication).

2.     Setelah itu, secara acak salah satu dari sembilan siswa menyanyikan bait pertama lagu “Siapa namamu?”. Siswa yang memakai penutup lalu menebak nama siswa yang sedang menyanyi (berdasarkan warna suaranya), sambil menyayikan bait kedua lagu “Siapa namamu?”

3.     Guru kemudian membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 8-10 siswa. Setiap siswa di setiap kelompok secara bergiliran memakai penutup mata dan menebak suara teman yang menjadi anggota kelompoknya.

4.     Agar para siswa dapat focus dengan suara teman kelompoknya, maka setiap kelompok diatur posisinya agak berjauhan.

5.     Guru melihat jalannya permainan dengan mendatangi setiap kelompok dan mengamatinya.

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

1.     Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

    15

    menit


A.    PENILAIAN

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 1  ,

 

 

 

………………………………

NIP………………………….



No comments:

Post a Comment