RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(Sesuai
Edaran Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : MI MUWAFFIQ LEKOK
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku
(Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
1. Dengan mendengar arahan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan
berjalan lurus ke satu arah dengan benar.
2. Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat
mempraktikkan jalan berpasangan sambil bergandengan tangan.
3. Dengan permainan jalan berpasangan, siswa dapat mengenali huruf pertama
nama sendiri dan nama-nama teman sekelas.
4. Dengan arahan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi suara teman.
A. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15
menit |
Kegiatan Inti |
(Sintak Model
Discovery Learning) A.
Ayo Berlatih 1.
Seluruh pasangan
dibagi dalam dua kelompok yang sama banyaknya dan berdiri berjajar saling
berhadapan. 2.
Guru kemudian
menyediakan 2 set kartu huruf a-z. Masing-masing set kartu huruf dimasukkan
di dalam sebuah kotak dan diletakkan di belakang masing-masing barisan. 3.
Kali ini setiap
pasangan berlomba untuk mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama
nama masing-masing.(Critical Thinking and Problem
Formulation) 4.
Setiap pasangan akan
mencari kartu huruf tersebut di dalam kotak yang ada di seberang barisannya. 5.
Sekali lagi seluruh
siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di
hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa
saling bertukar posisi bersama pasangan masing-masing. 6.
Setiap pasangan tidak
boleh menyenggol pasangan lainnya saat bertukar posisi. B. Ayo Berkreasi 1.
Guru menyampaikan
bahwa siswa akan bermain tebak suara. (Communication). 2.
Setelah itu, secara
acak salah satu dari sembilan siswa menyanyikan bait pertama lagu “Siapa
namamu?”. Siswa yang memakai penutup lalu menebak nama siswa yang sedang
menyanyi (berdasarkan warna suaranya), sambil menyayikan bait kedua lagu
“Siapa namamu?” 3.
Guru kemudian membagi
siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 8-10 siswa. Setiap siswa di
setiap kelompok secara bergiliran memakai penutup mata dan menebak suara
teman yang menjadi anggota kelompoknya. 4.
Agar para siswa dapat
focus dengan suara teman kelompoknya, maka setiap kelompok diatur posisinya
agak berjauhan. 5.
Guru melihat jalannya
permainan dengan mendatangi setiap kelompok dan mengamatinya. |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : 1.
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. |
15 menit |
A. PENILAIAN
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut
Mengetahui Kepala Sekolah,
……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 1 ,
……………………………… NIP…………………………. |
No comments:
Post a Comment