Sunday, August 16, 2020

RPP Luar Jaringan SD/MI Kelas 1 Tema 1 SubTema 1 pb 3 (aku dan teman baru)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (Sesuai Edaran Nomor 14 Tahun 2019)

 

 

Satuan Pendidikan        : MI MUWAFFIQ LEKOK

Kelas / Semester           :  1 /1

Tema                           :  Diriku (Tema 1)

Sub Tema                     :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke            :  3

Alokasi waktu                :  1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “a-b-c” dengan benar.

2.     Setelah bernyanyi dan berlatih, siswa dapat memasangkan kartu nama teman sesuai orangnya dengan tepat.

3.     Dengan permainan kartu huruf, siswa dapat mencari dan menyebutkan huruf vokal (a, i, u, e, o) yang hilang dari nama temannya.

4.     Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1 sampai dengan 10 dengan bantuan benda konkret.

5.     Dengan melakukan permainan siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan 1 sampai dengan 10.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.    Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

(Sintak Model Discovery Learning)

A.    Ayo Bernyanyi

1.     Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan belajar mengenal huruf.(Communicartion)

2.     Agar dapat mengenal huruf dengan baik, guru menulis huruf a-z pada selembar karton/kertas berukuran lebar. Kertas/karton itu lalu ditempel di papan tulis.

3.     Siswa diajak untuk bernyanyi lagu “a-b-c” sambil guru menunjukkan huruf yang dimaksud pada lembar kertas. (lihat buku siswa halaman 12)

4.     Ulangi sekali lagi. Tunjuk salah satu siswa untuk menunjukkan huruf a-z saat teman yang lain bernyanyi lagu “a-b-c”

B.    Ayo Berlatih

1.     Untuk membantu menguatkan siswa tentang konsep huruf, mereka berlatih mengidentifikasi nama tokoh di buku dengan melihat huruf-hurufnya. (lihat buku siswa di halaman 13).

2.     Untuk penguatan konsep bilangan 1 sampai dengan 10, minta siswa berlatih di buku siswa halaman 16. Siswa membilang banyaknya benda yang ada di gambar lalu memasangkan dengan gambar lain dengan banyak benda yang sama. (Critical Thinking and Problem Solving).

C.    Ayo Mencoba

1.     Setiap anggota kelompok bekerjasama untuk memasang kartu nama pada masing-masing siswa di kelompok tersebut degan tepat. (Gotong Royong)

2.     Minta setiap siswa memperhatikan huruf-huruf “a, i, u, e, o” yang menyusun nama mereka.

3.     Guru lalu mengajak semua kelompok bermain kartu huruf penyusun nama. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu huruf a-z dan satu set kartu huruf “a, i, u, e, o”. (Creativity and Innovation)

4.     Selesai berlatih, guru mengajak bermain sambil mengenal bilangan. (lihat buku siswa halaman 17)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

    15

    menit

C. PENILAIAN

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 1  ,

 

 

 

………………………………

NIP………………………….




No comments:

Post a Comment