RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(Sesuai
Edaran Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : MI MUWAFFIQ LEKOK
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku
(Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu
“a-b-c” dengan benar.
2.
Setelah bernyanyi dan berlatih, siswa dapat memasangkan kartu nama teman
sesuai orangnya dengan tepat.
3.
Dengan permainan kartu huruf, siswa dapat mencari dan menyebutkan huruf
vokal (a, i, u, e, o) yang hilang dari nama temannya.
4.
Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat membilang secara urut
bilangan 1 sampai dengan 10 dengan bantuan benda konkret.
5.
Dengan melakukan permainan siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan
bilangan 1 sampai dengan 10.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
(Sintak Model
Discovery Learning) A. Ayo Bernyanyi 1. Pada awal pelajaran, guru
menyampaikan kepada siswa mereka akan belajar mengenal huruf.(Communicartion) 2. Agar dapat mengenal huruf
dengan baik, guru menulis huruf a-z pada selembar karton/kertas berukuran
lebar. Kertas/karton itu
lalu ditempel di papan tulis. 3. Siswa diajak untuk bernyanyi
lagu “a-b-c” sambil guru menunjukkan huruf yang dimaksud pada lembar kertas.
(lihat buku siswa halaman 12) 4. Ulangi sekali lagi. Tunjuk
salah satu siswa untuk menunjukkan huruf a-z saat teman yang lain bernyanyi
lagu “a-b-c” B. Ayo Berlatih 1. Untuk membantu menguatkan
siswa tentang konsep huruf, mereka berlatih mengidentifikasi nama tokoh di
buku dengan melihat huruf-hurufnya. (lihat buku siswa di halaman 13). 2. Untuk penguatan konsep
bilangan 1 sampai dengan 10, minta siswa berlatih di buku siswa halaman 16.
Siswa membilang banyaknya benda yang ada di gambar lalu memasangkan dengan
gambar lain dengan banyak benda yang sama. (Critical Thinking and Problem Solving). C. Ayo Mencoba 1. Setiap anggota kelompok
bekerjasama untuk memasang kartu nama pada masing-masing siswa di kelompok
tersebut degan tepat. (Gotong Royong) 2. Minta setiap siswa
memperhatikan huruf-huruf “a, i, u, e, o” yang menyusun nama mereka. 3. Guru lalu mengajak semua
kelompok bermain kartu huruf penyusun nama. Setiap kelompok mendapatkan
satu set kartu huruf a-z dan satu set kartu huruf “a, i, u, e, o”. (Creativity and Innovation) 4. Selesai berlatih, guru
mengajak bermain sambil mengenal bilangan. (lihat buku siswa halaman 17) |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. |
15
menit |
C. PENILAIAN
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 1 ,
……………………………… NIP…………………………. |
No comments:
Post a Comment