Sunday, August 16, 2020

RPP Luar Jaringan SD/MI Kelas 1 Tema 1 SubTema 1 pb 2 (aku dan teman baru)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 REVISI 2020

 

 

Satuan Pendidikan        : MI MUWAFFIQ LEKOK

Kelas / Semester           :  1 /1

Tema                           :  Diriku (Tema 1)

Sub Tema                     :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke           :  2

Alokasi waktu                :  1 Hari

 

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.

·         Dengan permainan sederhana, siswa dapat bekerjasama dengan teman.

·         Dengan bermain “cerita teman”, siswa dapat mengikuti aturan sebuah permainan.

·         Setelah bermain “cerita teman”, siswa dapat mengingat nama lengkap dan panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain.

 B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.    Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

15 menit

Kegiatan

Inti

A.        Ayo Berlatih

1.       Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan bermain di luar kelas.

2.       Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, perempuan dan laki-laki terpisah. (Gotong Royong)

3.       Guru meminta setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke belakang. Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak teman di depannya.

4.       Setelah kegiatan bermain di luar selesai, siswa dipersilahkan beristirahat di dalam kelas.

 

B.        Ayo Bercerita

1.       Selesai beristirahat, guru mengajak siswa bermain “Cerita teman” untuk mengenal lebih dekat teman barunya. Siswa akan berbagi informasi mengenai nama lengkap dan panggilan teman yang duduk di sebelahnya.(Creativity and Innovation)

2.       Minta siswa kembali berkumpul bersama teman kelompok yang sama saat bermain di luar kelas dan membentuk lingkaran.

3.       Guru memberi contoh cara bermain “Cerita teman” (lihat buku siswa halaman 10) sambil membagikan saputangan ke setiap kelompok. (Communication)

4.       Setiap kelompok memilih teman yang akan memberi aba-aba dalam permainan tersebut.

5.       Siswa yang lain mendengar dan membantu mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

140 menit

 

Kegiatan

Penutup

1.     Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

2.     Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

15 menit


C. PENILAIAN

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 1  ,

 

 

 

………………………………

NIP………………………….




No comments:

Post a Comment