RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
REVISI
2020
Satuan Pendidikan : MI MUWAFFIQ LEKOK
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku
(Tema 1)
Sub Tema : Aku
dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke
: 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan
lurus ke satu arah dengan tepat.
·
Dengan permainan sederhana, siswa dapat bekerjasama dengan teman.
·
Dengan bermain “cerita teman”, siswa dapat mengikuti aturan sebuah
permainan.
·
Setelah bermain “cerita teman”, siswa dapat mengingat nama lengkap dan
panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain.
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
A.
Ayo
Berlatih 1.
Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan bermain
di luar kelas. 2.
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, perempuan dan laki-laki
terpisah. (Gotong Royong) 3.
Guru meminta setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke
belakang. Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak teman di
depannya. 4.
Setelah kegiatan bermain di luar selesai, siswa dipersilahkan
beristirahat di dalam kelas.
B.
Ayo
Bercerita 1.
Selesai beristirahat, guru mengajak siswa bermain “Cerita teman” untuk
mengenal lebih dekat teman barunya. Siswa akan berbagi informasi mengenai
nama lengkap dan panggilan teman yang duduk di sebelahnya.(Creativity and Innovation) 2.
Minta siswa kembali berkumpul bersama teman kelompok yang sama saat
bermain di luar kelas dan membentuk lingkaran. 3.
Guru memberi contoh cara bermain “Cerita teman” (lihat buku siswa
halaman 10) sambil membagikan saputangan ke setiap kelompok. (Communication) 4.
Setiap kelompok memilih teman yang akan memberi aba-aba dalam permainan
tersebut. 5.
Siswa yang lain mendengar dan membantu mengoreksi jika ada informasi
yang tidak sesuai. |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
1. Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama
dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah
sendiri dengan bimbingan orang tua. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : 2.
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. |
15 menit |
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Mengetahui Kepala Sekolah,
……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 1 ,
……………………………… NIP…………………………. |
No comments:
Post a Comment