Wednesday, August 26, 2020

RPP Luar Jaringan SD/MI Kelas 2 Tema 1 SubTema 1 pb 2 (hidup rukun di rumah)

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai Edaran Nomor 14 Tahun 2019)

 

 

Satuan Pendidikan        : MI MUWAFFIQ

Kelas / Semester           :  2 /1

Tema                            :  Hidup Rukun (Tema 1)

Sub Tema                     :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke            :  2

Alokasi waktu                :  1 Hari

Muatan Terpadu            : Bahasa Indonesia, PPKN, PJOK

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan diberikan gambar perisai burung Garuda, siswa dapat memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila dengan benar.

2.   Dengan diberikan teks percakapan yang mengandung ungkapan, siswa dapat menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya dengan tepat.

3.   Dengan  diberikan contoh penerapan sila kedua Pancasila pada teks percakapan, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila kedua pada Pancasila dengan benar.

4.   Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

 

Pembuka

 

 

1.    Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

15 menit

(Sintak Model Discovery Learning)

Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ø  Siswa mengamati gambar perisai burung Garuda yang terdapat simbol-simbol pada Pancasila.

Ø  Siswa dibimbing guru untuk memahami simbol-simbol Pancasila.

Ø  Siswa mengamati simbol sila pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima. (Hots)

Ø  Siswa  bersama-sama membaca teks Pancasila seperti terdapat pada Buku Siswa.

Ø  Siswa memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila.

Ø  Siswa mengamati gambar-gambar keluarga yang beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing.

Ø  Siswa menyebutkan bunyi sila pada Pancasila yang sesuai dengan gambar-gambar yang ditunjukkan.

Ø  Siswa berpasangan dengan teman di sebelahnya memperagakan percakapan.

Ø  Sebelum bermain peran, siswa membaca terlebih dahulu teks percakapan.

Ø  Siswa dibimbing guru untuk memberikan penekanan pada ungkapan yang terdapat pada teks percakapan. Siswa bermain peran, guru mengamati kemampuan siswa dalam melakukan percakapan berdasarkan rubrik penilaian. Sikap yang diamati adalah percaya diri.

Ø  Siswa mengamati gambar gerak dasar berjalan. Siswa memperhatikan guru memperagakan gerak dasar berjalan (mengamati, menanya, dan menggali informasi).

Ø  Siswa memperagakan sesuai contoh guru (mencoba, menalar).

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Siswa menceritakan kembali kepada orang tua mengenai ungkapan yang dipelajari di sekolah. Siswa mencari ungkapan yang lain dengan dibimbing oleh orang tua, misalnya mencari dari buku bacaan anak yang ada di rumah, kemudian membuat kalimat tentang kerukunan di rumah menggunakan ungkapan tersebut.

140 menit

Penutup

 

 

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

15 menit

Refleksi dan Konfirmasi

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (Penilaian)

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

Mengetahui

Kepala Sekolah,

                                                  

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 2  ,

 

 

 

………………………………

NIP………………………….

 


No comments:

Post a Comment