RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai Edaran Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : MI MUWAFFIQ
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu : 1 Hari
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPKN, PJOK
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan diberikan gambar perisai burung Garuda,
siswa dapat memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila dengan
benar.
2. Dengan diberikan teks percakapan yang mengandung
ungkapan, siswa dapat menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya
dengan tepat.
3. Dengan
diberikan contoh penerapan sila kedua Pancasila pada teks percakapan,
siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila kedua pada Pancasila dengan
benar.
4. Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan,
siswa dapat menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan
benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Pembuka |
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
(Sintak Model Discovery Learning) |
|||
Inti |
Ø Siswa mengamati gambar perisai burung Garuda yang terdapat simbol-simbol
pada Pancasila. Ø Siswa dibimbing guru untuk memahami simbol-simbol Pancasila. Ø Siswa mengamati simbol sila pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima. (Hots) Ø Siswa bersama-sama membaca teks
Pancasila seperti terdapat pada Buku Siswa. Ø Siswa memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila. Ø Siswa mengamati gambar-gambar keluarga yang beribadah sesuai dengan
agamanya masing-masing. Ø Siswa menyebutkan bunyi sila pada Pancasila yang sesuai dengan
gambar-gambar yang ditunjukkan. Ø Siswa berpasangan dengan teman di sebelahnya memperagakan percakapan. Ø Sebelum bermain peran, siswa membaca terlebih dahulu teks percakapan. Ø Siswa dibimbing guru untuk memberikan penekanan pada ungkapan yang
terdapat pada teks percakapan. Siswa bermain peran,
guru mengamati kemampuan siswa dalam melakukan percakapan berdasarkan rubrik
penilaian. Sikap yang diamati adalah percaya diri. Ø Siswa mengamati gambar gerak dasar berjalan. Siswa memperhatikan guru
memperagakan gerak dasar berjalan (mengamati, menanya, dan menggali
informasi). Ø Siswa memperagakan sesuai contoh guru (mencoba,
menalar). Kegiatan Bersama Orang
Tua Ø Siswa menceritakan kembali kepada orang tua mengenai ungkapan yang
dipelajari di sekolah. Siswa mencari ungkapan yang lain dengan dibimbing oleh
orang tua, misalnya mencari dari buku bacaan anak yang ada di rumah, kemudian
membuat kalimat tentang kerukunan di rumah menggunakan ungkapan tersebut. |
140 menit |
|
Penutup |
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. |
15 menit |
|
Refleksi dan
Konfirmasi |
|||
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk
mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan. |
|||
ASSESMENT (Penilaian) |
|||
Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran) |
|||
Mengetahui Kepala Sekolah, ……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 2 , ……………………………… NIP…………………………. |
No comments:
Post a Comment