RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai
Edaran Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : MI MUWAFFIQ
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
3
Alokasi waktu : 1 Hari
Muatan terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika,
SBDP
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan hidup
rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan tersebut dengan
benar.
2. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan
hidup rukun, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu dengan
benar.
3. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100,
siswa dapat membaca bilangan cacah sampai 999.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Pembuka |
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
(Sintak Model Discovery Learning) |
|||
Inti |
Ø Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan, kemudian mengamati syair lagu
tersebut. Ø Siswa mencari kata-kata di dalam syair lagu yang mempunyai arti sama
dengan ungkapan yang ditentukan. (HOTS) Ø Siswa menuliskan kalimat yang menggunakan ungkapan yang ditentukan. (Mandiri) Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam menemukan makna ungkapan melalui
kalimat yang ditulisnya. Guru bisa
menambahkan ungkapan yang lain. Ø Siswa menyebutkan arti ungkapan dalam kalimat tersebut (Rubrik Ø Penilaian 1, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1). Sikap yang dikembangkan Ø adalah teliti. Ø Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan. Ø Sambil menyanyi, siswa memberi tanda panjang dan pendek bunyi. Ø Hasil kerja siswa diperiksa oleh guru untuk mengetahui pemahaman siswa Ø guru mengamati kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu anak Peramah dan
Sopan dengan memperhatikan panjang pendek nada dan kuat lemah bunyi pada
irama lagu anak berbirama dua (Rubrik Penilaian 2, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2). Ø Siswa berlatih membaca bilangan melalui kegiatan
memasangkan gabungan gambar kubus dengan bilangan yang sesuai. Ø Semakin banyak bilangan yang bisa dibuat oleh siswa,
semakin bagus skornya. Target minimal siswa mendapatkan nilai baik bila dapat
menentukan dan membaca bilangan tiga angka sebanyak 10 bilangan dengan benar. Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan
sampai 999 (Rubrik Penilaian 2, Matematika KD 3.1 dan KD 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah teliti. Ø Siswa juga berdiskusi dengan orang tua untuk mencari kata yang sepadan
dengan uangkapan pada lagu tersebut.Kegiatan ini dilaporkan pada buku penghubung
antara orang tua dan sekolah. |
140 menit |
|
Penutup |
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. |
15 menit |
|
Refleksi dan
Konfirmasi |
|||
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk
mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan. |
|||
ASSESMENT (Penilaian) |
|||
Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran) |
|||
Mengetahui Kepala Sekolah, ……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 2 , ……………………………… NIP…………………………. |
No comments:
Post a Comment