Wednesday, August 26, 2020

RPP Luar Jaringan SD/MI Kelas 2 Tema 1 SubTema 1 pb 3 (hidup rukun di rumah)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai Edaran Nomor 14 Tahun 2019)

 

 

Satuan Pendidikan        : MI MUWAFFIQ

Kelas / Semester           :  2 /1

Tema                            :  Hidup Rukun (Tema 1)

Sub Tema                     :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke            :  3

Alokasi waktu                :  1 Hari

Muatan terpadu             : Bahasa Indonesia, Matematika, SBDP

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan tersebut dengan benar.

2.   Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu dengan benar.

3.   Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca bilangan cacah sampai 999.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

 

Pembuka

 

 

1.    Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

15 menit

(Sintak Model Discovery Learning)

Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ø  Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan, kemudian mengamati syair lagu tersebut.

Ø  Siswa mencari kata-kata di dalam syair lagu yang mempunyai arti sama dengan ungkapan yang ditentukan. (HOTS)

Ø  Siswa menuliskan kalimat yang menggunakan ungkapan yang ditentukan. (Mandiri)

Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam menemukan makna ungkapan melalui kalimat yang ditulisnya.  Guru bisa menambahkan ungkapan yang lain.

Ø  Siswa menyebutkan arti ungkapan dalam kalimat tersebut (Rubrik

Ø  Penilaian 1, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1). Sikap yang dikembangkan

Ø  adalah teliti.

Ø  Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan.

Ø  Sambil menyanyi, siswa memberi tanda panjang dan pendek bunyi.

Ø  Hasil kerja siswa diperiksa oleh guru untuk mengetahui pemahaman siswa

Ø  guru mengamati kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu anak Peramah dan Sopan dengan memperhatikan panjang pendek nada dan kuat lemah bunyi pada irama lagu anak berbirama dua (Rubrik Penilaian 2, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2).

Ø  Siswa berlatih membaca bilangan melalui kegiatan memasangkan gabungan gambar kubus dengan bilangan yang sesuai.

Ø  Semakin banyak bilangan yang bisa dibuat oleh siswa, semakin bagus skornya. Target minimal siswa mendapatkan nilai baik bila dapat menentukan dan membaca bilangan tiga angka sebanyak 10 bilangan dengan benar.

Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan sampai 999 (Rubrik Penilaian 2, Matematika KD 3.1 dan KD 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah teliti.

Ø  Siswa juga berdiskusi dengan orang tua untuk mencari kata yang sepadan dengan uangkapan pada lagu tersebut.Kegiatan ini dilaporkan pada buku penghubung antara orang tua dan sekolah.

140 menit

Penutup

 

 

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

15 menit

Refleksi dan Konfirmasi

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (Penilaian)

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

Mengetahui

Kepala Sekolah,

                                                  

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 2  ,

 

 

 

………………………………

NIP………………………….

 


No comments:

Post a Comment