Wednesday, August 26, 2020

RPP Luar Jaringan SD/MI Kelas 2 Tema 1 SubTema 1 pb 4 (hidup rukun di rumah)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai Edaran Nomor 14 Tahun 2019)

 

 

Satuan Pendidikan        : MI MUWAFFIQ

Kelas / Semester           :  2 /1

Tema                            :  Hidup Rukun (Tema 1)

Sub Tema                     :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke            :  4

Alokasi waktu                :  1 Hari

Muatan terpadu             : Bahasa Indonesia, Matematika, SBDP

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan diberikan teks percakapan berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan dalam teks percakapan tersebut dengan tepat.

2.   Dengan diberikan gambar kubus satuan, siswa dapat menentukan nilai tempat pada bilangan dua angka dan tiga angka.

3.   Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat membedakan kuat lemah bunyi pada lagu anak dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

 

Pembuka

 

 

1.    Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

15 menit

(Sintak Model Discovery Learning)

Inti

Ø  Siswa memperagakan percakapan antara Mutiara dan Udin.

Ø  Sikap yang dapat diamati adalah percaya diri.

Ø  Siswa bersama dengan teman sebelahnya memperagakan teks percakapan yang sudah dibuatnya bersama teman di sebelahnya.

(Creativity and Innovation)

Ø  Teks percakapan tersebut merupakan contoh sikap santun yang dapat memelihara kerukunan. Selain itu, teks percakapan juga mengandung ungkapan yang harus dipahami oleh siswa.

Ø  Siswa dibimbing untuk mengucapkan terima kasih dan menjawab ucapan terima kasih dengan santun.

Ø  Siswa mengamati bilangan 121 pada gambar di Buku Siswa.

Ø  Pada halaman ini siswa diajak untuk mengamati nilai tempat bilangan dua angka, kemudian siswa mengamati nilai tempat bilangan dengan tiga angka.

Ø  Siswa menuliskan lambang bilangan tiga angka sesuai soal pada Buku Siswa.

Ø  Siswa menuliskan nama bilangan tiga angka sesuai soal pada Buku Siswa.

Ø  Siswa menuliskan kalimat yang mengandung lambang bilangan tiga angka di dalam teks percakapan dengan cara berdiskusi dengan teman sebangkunya.

Ø  Siswa menyanyikan lagu anak Peramah dan Sopan secara bergiliran satu persatu atau berpasangan.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø  Siswa mengulang kembali percakapan yang sudah dibuatnya bersama orang tua. Percakapan bisa diubah sesuai dengan kondisi siswa. Orang tua membantu melengkapi percakapan tersebut, kemudian percakapan tersebut diperagakan bersama orang tua. Kegiatan ini untuk melatih siswa agar selalu menjaga sopan santun bila bercakap-cakap dengan orang lain.

140 menit

 

Penutup

 

 

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

15 menit

Refleksi dan Konfirmasi

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (Penilaian)

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

Mengetahui

Kepala Sekolah,

                                                  

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 2  ,

 

 

 

………………………………

NIP………………………….

 

 


No comments:

Post a Comment