RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(Sesuai Edaran Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : MI MUWAFFIQ
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
4
Alokasi waktu : 1 Hari
Muatan terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika,
SBDP
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan diberikan teks percakapan berkaitan dengan
hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan dalam teks
percakapan tersebut dengan tepat.
2. Dengan diberikan gambar kubus satuan, siswa dapat
menentukan nilai tempat pada bilangan dua angka dan tiga angka.
3. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan
hidup rukun, siswa dapat membedakan kuat lemah bunyi pada lagu anak dengan
benar.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
||
Pembuka |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
||
(Sintak Model Discovery Learning) |
||||
Inti |
Ø Siswa memperagakan percakapan antara Mutiara dan Udin. Ø Sikap yang dapat diamati adalah percaya diri. Ø Siswa bersama dengan teman sebelahnya memperagakan teks percakapan yang
sudah dibuatnya bersama teman di sebelahnya. (Creativity and
Innovation) Ø Teks percakapan tersebut merupakan contoh sikap santun yang dapat
memelihara kerukunan. Selain itu, teks percakapan juga mengandung ungkapan
yang harus dipahami oleh siswa. Ø Siswa dibimbing untuk mengucapkan terima kasih dan menjawab ucapan terima
kasih dengan santun. Ø Siswa mengamati bilangan 121 pada gambar di Buku Siswa. Ø Pada halaman ini siswa diajak untuk mengamati nilai tempat bilangan dua
angka, kemudian siswa mengamati nilai tempat bilangan dengan tiga angka. Ø Siswa menuliskan lambang bilangan tiga angka sesuai soal pada Buku Siswa. Ø Siswa menuliskan nama bilangan tiga angka sesuai soal pada Buku Siswa. Ø Siswa menuliskan kalimat yang mengandung lambang bilangan tiga angka di
dalam teks percakapan dengan cara berdiskusi dengan teman sebangkunya. Ø Siswa menyanyikan lagu anak Peramah dan Sopan secara bergiliran satu
persatu atau berpasangan. Kegiatan Bersama Orang Tua Ø Siswa mengulang kembali percakapan yang sudah dibuatnya bersama orang
tua. Percakapan bisa diubah sesuai dengan kondisi siswa. Orang tua membantu
melengkapi percakapan tersebut, kemudian percakapan tersebut diperagakan
bersama orang tua. Kegiatan ini untuk melatih siswa agar selalu menjaga sopan
santun bila bercakap-cakap dengan orang lain. |
140 menit |
||
|
||||
Penutup |
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. |
15 menit |
||
Refleksi
dan Konfirmasi |
||||
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk
mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan. |
||||
ASSESMENT
(Penilaian) |
||||
Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran) |
||||
Mengetahui Kepala Sekolah, ……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 2 , ……………………………… NIP…………………………. |
|
No comments:
Post a Comment