Wednesday, August 26, 2020

RPP Luar Jaringan SD/MI Kelas 2 Tema 1 SubTema 1 pb 5 (hidup rukun di rumah)


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai Edaran Nomor 14 Tahun 2019)

 

 

Satuan Pendidikan        : MI MUWAFFIQ

Kelas / Semester           :  2 /1

Tema                            :  Hidup Rukun (Tema 1)

Sub Tema                     :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke            :  5

Alokasi waktu                :  1 Hari

Muatan terpadu             : PPKN, Bahasa Indonesia, PJOK

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menentukan pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan cerita tersebut.

2.   Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.

3.   Dengan diberikan contoh peragaan gerak dasar lokomotor, siswa dapat menjelaskan gerakan tersebut dengan benar.

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

 

Pembuka

 

 

1.    Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

15 menit

(Sintak Model Discovery Learning)

Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ø Siswa dibagi dalam beberapa kelompok diskusi, setiap kelompok terdiri atas 3 – 4 siswa.

Ø Siswa bersama-sama dalam kelompoknya mengamati teks cerita yang terdapat pada halaman 35. Teks tersebut digunakan untuk mencapai kompetensi dasar dalam muatan Bahasa Indonesia dan PPKn. (Collaburation)

Ø Siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan teks.

Ø Kegiatan berdiskusi menerapkan pendekatan saintifik.

     (Critical Thinking and Problem Formulation)

Ø Siswa bercerita di dalam kelompoknya tentang pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di rumah.

Ø Siswa diminta membaca kalimat-kalimat yang berisi ungkapan. Kemudian siswa diminta menuliskan makna ungkapan tersebut.

Ø Siswa mengamati gambar gerak dasar berjalan. Siswa mengamati gerakan yang diperagakan oleh guru.

Ø Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan segala hal yang ingin diketahuinya mengenai gerak dasar berjalan.

Ø Siswa mencoba memperagakan gerak dasar berjalan.

Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam gerak dasar berjalan (Rubrik Penilaian 2, PJOK KD 3.1 dan KD 4.1).

Ø Sikap yang dikembangkan adalah disiplin dan sportif.

Ø Siswa memperagakan gerak berjalan bersama sesuai formasi yang ditentukan.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ø Siswa berdiskusi dengan orang tua mengenai kerja sama yang dilakukan di rumah. Kegiatan apa saja yang dilakukan di rumah yang memerlukan kerja sama antaranggota keluarga. Hasil diskusi tersebut dituliskan pada buku kerja atau selembar kertas untuk dikumpulkan kepada guru.

140 menit

Penutup

 

 

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

15 menit

Refleksi dan Konfirmasi

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (Penilaian)

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

Mengetahui

Kepala Sekolah,

                                                  

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 2  ,

 

 

 

………………………………

NIP………………………….

 

No comments:

Post a Comment