RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai Edaran Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : MI MUWAFFIQ
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
5
Alokasi waktu : 1 Hari
Muatan terpadu : PPKN, Bahasa Indonesia, PJOK
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan
hidup rukun, siswa dapat menentukan pengamalan sila Pancasila yang sesuai
dengan cerita tersebut.
2. Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan
hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan makna ungkapan
tersebut dalam kalimat yang santun.
3. Dengan diberikan contoh peragaan gerak dasar
lokomotor, siswa dapat menjelaskan gerakan tersebut dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Pembuka |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
(Sintak Model Discovery Learning) |
|||
Inti |
Ø Siswa dibagi dalam beberapa kelompok diskusi, setiap kelompok terdiri
atas 3 – 4 siswa. Ø Siswa bersama-sama dalam kelompoknya mengamati teks cerita yang terdapat
pada halaman 35. Teks tersebut digunakan untuk mencapai kompetensi dasar
dalam muatan Bahasa Indonesia dan PPKn. (Collaburation) Ø Siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang terkait
dengan teks. Ø Kegiatan berdiskusi menerapkan pendekatan saintifik. (Critical
Thinking and Problem Formulation) Ø Siswa bercerita di dalam kelompoknya tentang pengalaman menerapkan sila
ketiga Pancasila di rumah. Ø Siswa diminta membaca kalimat-kalimat yang berisi ungkapan. Kemudian siswa diminta menuliskan makna ungkapan tersebut. Ø Siswa mengamati gambar gerak dasar berjalan. Siswa mengamati gerakan yang
diperagakan oleh guru. Ø Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan segala hal yang ingin
diketahuinya mengenai gerak dasar berjalan. Ø Siswa mencoba memperagakan gerak dasar berjalan. Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam gerak dasar berjalan (Rubrik
Penilaian 2, PJOK KD 3.1 dan KD 4.1). Ø Sikap yang dikembangkan adalah disiplin dan sportif. Ø Siswa memperagakan gerak berjalan bersama sesuai formasi yang ditentukan. Kegiatan Bersama Orang Tua Ø Siswa berdiskusi dengan orang tua mengenai kerja sama yang dilakukan di
rumah. Kegiatan apa saja yang dilakukan di rumah yang memerlukan kerja sama
antaranggota keluarga. Hasil diskusi tersebut dituliskan pada buku kerja atau
selembar kertas untuk dikumpulkan kepada guru. |
140 menit |
|
Penutup |
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. |
15 menit |
|
Refleksi
dan Konfirmasi |
|||
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk
mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan. |
|||
ASSESMENT
(Penilaian) |
|||
Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran) |
|||
Mengetahui Kepala Sekolah, ……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 2 , ……………………………… NIP…………………………. |
No comments:
Post a Comment