RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(Sesuai Edaran Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : MI MUWAFFIQ
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
6
Alokasi waktu : 1 Hari
Muatan Terpadu : PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup
rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan dalam teks
tersebut dengan tepat.
2. Dengan diberikan cerita hidup rukun yang
mengandung ungkapan, siswa dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila
keempat Pancasila di rumah dengan benar.
3. Dengan diberikan cerita hidup rukun yang
mengandung ungkapan, siswa dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila
kelima Pancasila di rumah dengan benar.
4. Dengan diberikan gambar kumpulan kubus lebih dari
100, siswa dapat menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan bilangan tiga angka dengan teliti.
5. Dengan diberikan lambang bilangan tiga angka,
siswa dapat menuliskan cara membaca bilangan tiga angka dengan teliti.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
||
Pembuka |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
||
(Sintak Model Discovery Learning) |
||||
Inti |
Ø Siswa membaca teks percakapan yang terdapat pada Buku Siswa. Teks
tersebut digunakan untuk mencapai muatan Bahasa Indonesia Ø Siswa menceritakan kembali isi
teks yang sudah dibacanya. Siswa membuat cerita
dengan dibimbing. Ø pertanyaan-pertanyaan yang ada pada Buku Siswa. Pertanyaan-pertanyaan
tersebut mengarah pada pencapaian muatan Bahasa Indonesia Ø Siswa diminta menceritakan pengalaman tentang cara menyelesaikan
perbedaan pendapat di rumah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila. Ø Siswa juga diminta menceritakan terjadinya keadilan di rumah sebagai
perwujudan sila kelima Pancasila. (Creativity and Innovation) Ø Siswa mencari ungkapan yang terdapat dalam teks percakapan tentang hidup
rukun. Ø Siswa menuliskan makna ungkpan tersebut dengan bahasa yang santun. Ø Siswa melengkapi teks cerita tentang hidup rukun dengan kata yang
tersedia. Ø Siswa mengamati tiket masuk tempat wisata yang terdapat bilangan tiga
angka. Siswa dapat membawanya dari rumah. (Hots) Ø Siswa dibimbing guru untuk membaca bilangan tiga angka tersebut. Ø Siswa mengamati penggambaran bilangan tiga angka sebagai kubus satuan. Ø Siswa menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan pada bilangan tiga angka. Ø Siswa mencoba menuliskan cara membaca bilangan tersebut. (Creativity and Innovation) |
140 menit |
||
Penutup |
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. |
15 menit |
||
Refleksi
dan Konfirmasi |
||||
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk
mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan. |
||||
ASSESMENT
(Penilaian) |
||||
Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran) |
||||
Mengetahui Kepala Sekolah, ……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 2 , ……………………………… NIP…………………………. |
|
No comments:
Post a Comment