Wednesday, August 26, 2020

RPP Luar Jaringan SD/MI Kelas 2 Tema 1 SubTema 1 pb 6 (hidup rukun di rumah)


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai Edaran Nomor 14 Tahun 2019)

 

 

Satuan Pendidikan        : MI MUWAFFIQ

Kelas / Semester           :  2 /1

Tema                            :  Hidup Rukun (Tema 1)

Sub Tema                     :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke            :  6

Alokasi waktu                :  1 Hari

Muatan Terpadu            : PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika

 

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan dalam teks tersebut dengan tepat.

2.   Dengan diberikan cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila keempat Pancasila di rumah dengan benar.

3.   Dengan diberikan cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila kelima Pancasila di rumah dengan benar.

4.   Dengan diberikan gambar kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan  bilangan tiga angka dengan teliti.

5.   Dengan diberikan lambang bilangan tiga angka, siswa dapat menuliskan cara membaca bilangan tiga angka dengan teliti.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

 

Pembuka

 

 

1.    Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

 

15 menit

(Sintak Model Discovery Learning)

Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ø  Siswa membaca teks percakapan yang terdapat pada Buku Siswa. Teks tersebut digunakan untuk mencapai muatan Bahasa Indonesia

Ø  Siswa  menceritakan kembali isi teks yang sudah dibacanya. Siswa membuat cerita dengan dibimbing.

Ø  pertanyaan-pertanyaan yang ada pada Buku Siswa.  Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarah pada pencapaian muatan Bahasa Indonesia

Ø  Siswa diminta menceritakan pengalaman tentang cara menyelesaikan perbedaan pendapat di rumah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila.

Ø  Siswa juga diminta menceritakan terjadinya keadilan di rumah sebagai perwujudan sila kelima Pancasila. (Creativity and Innovation)

Ø  Siswa mencari ungkapan yang terdapat dalam teks percakapan tentang hidup rukun.

Ø  Siswa menuliskan makna ungkpan tersebut dengan bahasa yang santun.

Ø  Siswa melengkapi teks cerita tentang hidup rukun dengan kata yang tersedia.

Ø  Siswa mengamati tiket masuk tempat wisata yang terdapat bilangan tiga angka. Siswa dapat membawanya dari rumah. (Hots)

Ø  Siswa dibimbing guru untuk membaca bilangan tiga angka tersebut.

Ø  Siswa mengamati penggambaran bilangan tiga angka sebagai kubus satuan.

Ø  Siswa menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan pada bilangan tiga angka.

Ø  Siswa mencoba menuliskan cara membaca bilangan tersebut.

(Creativity and Innovation)

140 menit

Penutup

 

 

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

15 menit

Refleksi dan Konfirmasi

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (Penilaian)

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

Mengetahui

Kepala Sekolah,

                                                  

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 2  ,

 

 

 

………………………………

NIP………………………….

 

 

No comments:

Post a Comment