Tuesday, September 15, 2020

CARA MEMASUKKAN NOMER PONSEL SISWA DAN GURU DI DAPODIK 2021

 Assalamu'alaikum Wr. Wb

Selamat pagi bunda dan operator Dapodik 2021, Bagaimana kabarnya hari ini???

masih sehat dan masih semangat kan???

Bunda dan operator Dapodik dalam kondisi pandemi seperti ini Pembelajaran banyak dilakukan dengan cara Daring atau Dalam Jaringan sehingga akan menambah banyak biaya baik itu bagi guru maupun bagi siswa karena Pembelajaran Daring membutuhkan koneksi internet dan menggunakan pulsa data, oleh karena itu Pemerintah dalam hal ini Kemdikbud memberikan Subsidi atau bantuan berupa kuota internet.

Bantuan kuota internet ini akan di peroleh oleh siswa dan guru apabila nomer ponsel siswa dan guru sudah di masukkan ketika pengisian data diri siswa dan guru di aplikasi Dapodik, namun kenyataannya dan salah kita sebagai operator menganggap nomer ponsel tidak penting untuk dimasukkan karena sifatnya opsional dan akan memakan waktu lama untuk pengerjaan Dapodik.

oleh karena itu masa pandemi seperti ini mau tidak mau kita harus tetap memasukkan nomer ponsel siswa dan guru di Dapodik untuk mendapatkan subsidi kuota internet tersebut. bagaimana caranya, yuk kita ikuti lankah berikut :

A. Cara Memasukkan Nomer Ponsel Siswa di Dapodik 2021

1. Login ke aplikasi Dapodik 2021 menggunakan akun Sekolah
2. Pilih menu "Peserta didik"



3. Pilih nama siswa yang mau di masukkan nomer ponselnya, kemudian klik menu "ubah" untuk mengedit data siswanya.


4. Scrol ke bawah untuk mencari kolom isian nomer ponsel siswa, kemudian ketikkan nomer ponsel siswa di kolom tersebut, lalu klik "simpan"


Pengisian nomer ponsel sudah selesai, lakukan hal yang sama untuk memasukkan nomer ponsel siswa yang lain ya Bunda, kalau sudah selesai semua baru kita akan lanjut measukkan nomer ponsel guru. Langkah-langkah seperti di bawah ini.

B. Cara Memasukkan Nomer Ponsel Guru di Dapodik 2021

Untuk memasukkan nomer ponsel guru kita harus menggunakan akun guru masing-masing karena kita tidak bisa merubah data guru lewat akun sekolah oleh karena itu pastikan dulu guru kita sudah memiliki akun guru masing-masing, akun guru ini di buat menggunakan akun sekolah untuk cara membuat akun guru, bunda bisa baca artikel kita sebelumnya di link.  https://hifdimuhammadlekok.blogspot.com/2020/09/cara-membuat-akun-guru-dan-kepala-di.html

kalau akun guru sudah dibuat semua mari kita ikuti langkah-langkah memasukkan nomer ponsel guru di Dapodik 2021.
1. Login menggunakan akun sekolah
2. Pilih menu "Pengaturan"


2. Pilih menu "Tukar akses Pengguna"


3. Masukkan "kode Registrasi" yang di dapat dari Dinas


4. Pilih nama guru dengan mengklik tanda segitiga kebawah kemudian klik "Tukar Pengguna"


Dari sini akun sudah di tukar dengan akun guru, artinya loginnya sudah otomatis menggunakan akun guru yang mau kita masukkan nomer ponselnya. 


5. Kemudian Pilih menu "GTK" dan pilih menu "Guru" 


6. Pilih nama guru yang mau di masukkan nomer ponselnya, kemudian klik menu "ubah" untuk mengedit data gurunya.


7. Scrol ke bawah untuk mencari kolom isian nomer ponsel guru, kemudian ketikkan nomer ponsel guru di kolom tersebut, lalu klik "simpan"


Dari sini kita sudah selesai memsukkan nomer ponsel guru tersebut, lakukan cara yang sama untuk memasukkan nomer ponsel guru yang lain dan nomer ponsel kepala juga. tapi jangan lupa untuk tukar akses dulu dari akun guru ke akun sekolah dan sebaliknya dari akun sekolah ke akun guru. bisa lihat gambar di bawah ini.


bisa di fahami ya Bunda, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa membantu kita untuk mengerjakan Dapodik 2021 dengan benar. dan jangan lupa komentarnya ya Bunda. Terima kasih

No comments:

Post a Comment